Pentingnya Kesehatan Gigi dan Gusi bagi Wanita yang Ingin Hamil

Selasa, 11 September 2018 - 22:30 WIB
Pentingnya Kesehatan Gigi dan Gusi bagi Wanita yang Ingin Hamil
Pentingnya Kesehatan Gigi dan Gusi bagi Wanita yang Ingin Hamil
A A A
JAKARTA - Kesehatan gigi memberikan pengaruh yang besar pada kesehatan tubuh. Tak hanya mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut, kesehatan gigi juga penting bagi mereka yang akan memulai program hamil.

Dilansir dari BabyCenter, perubahan hormon selama kehamilan akan membuat wanita lebih rentan mengalami penyakit gusi. Kadar progesteron dan estrogen yang lebih tinggi menyebabkan gusi menjadi lebih sensitif terhadap bakteri di dalam rongga mulut.

Menjaga kesehatan gigi dapat mengurangi risiko mengalami plak, gusi bengkak, merah dan empuk pada ibu hamil. Kondisi ini bisa membuat ibu hamil merasa tidak nyaman hingga kesakitan.

Wanita yang menjaga kesehatan periodontalnya sebelum hamil berisiko lebih rendah mengalami komplikasi gusi selama kehamilan. Sementara waktu yang dianjurkan untuk memeriksakan kesehatan gigi baik ibu hamil adalah enam bulan terakhir sebelum berencana hamil.

Namun, jika lebih dekat dengan kehamulan, para ahli mengatakan hal ini semakin baik. Dengan demikian, tak hanya perosalan nutrisi, Anda yang akan memulai kehamilan juga harus menjaga kesehatan gigi agar bisa hamil.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3818 seconds (0.1#10.140)